Hantam Hoax Mulai dari diri Kita sendiri!


Hoax seolah menjadi hantu bagi kita di dunia maya, kenapa? karena setiap kita membaca sebuah berita, artikel atau bahkan kabar dari sesuatu atau seseorang, seolah kita terhipnotis dan percaya begitu saja dengan apa yang disampaikan oleh tulisan yang kita baca tersebut, namun ada juga beberapa orang yang memilih diam tanpa ada argumen yang merujuk pada sebuah permasalahan tersebut, seperti saya, saya lebih memilih diam ketika ada berita yang memang sedikit mengganggu bagi saya, dengan alasan saya takut ini menjadi fitnah atau bahkan menyakiti sebagian orang di luar sana. apakah anda termasuk kedalam 2 karakter tersebut? namun kali ini saya tidak membahas tentang 2 hal tersebut, tapi saya akan membahas bagaimana menanggapi sebuah berita-berita diluar sana yang sangat mengganggu otak kita. mau tahu apa aja? sung baca dah ke bawah!
  1. Waspada pada diri sendiri! 
  2. ya waspada itu penting, dalam segala hal kita harus waspada, dalam segi menerima berita kita waspada pada bagian fakta yang sebenarnya terjadi, kita harus berpikir 2x untuk membagikan sebuah berita, apakah itu bohong atau benar, apakah itu baik juga di bagikan, atau bahkan akan menyakiti beberapa orang di luar sana. takutkan kalau misal postingan anda menjadi sebuah bahan fitnah, orang-orang pada berantem, dan anda di tanggap pihak berwajib. jadi tahu kan gimana harus waspada ? :D
  3. Gali lebih dalam
  4. gali lobang tutup lobang kalau kata bang haji mah. yang perlu kita lakukan cukup menggali saja. tapi inget gali disini bukan gali kubur atau gali artepak yak 😜. maksud dari menggali disini ialah menggali sebuah informasi secara merinci, lah buat apa? ya buat mencegah fitnah terjadi kedepannya, apakah itu benar atau hanya gosip/hoax belaka. pertanyaanya, pernahkah anda melakukan penggalian informasi tersebut? apakah anda tipe orang yang gampang menerima informasi dan langsung menyebarknanya tanpa ada tindakan apa-apa?
  5. Jangan emosi!
  6. emosi menjadi kunci seberapa sering anda membagikan sebuah informasi, semakin anda emosional kepada sebuah topik, maka anda akan sangat mudah terpancing untuk membagikan sebuah isu hoax yang anda lihat? percaya? (ini berdasarkan apa yang sering saya lihat di timeline pesbuk loh. tapi gak tahu juga sih kalau orang lain, berdasarkan apa yang saya lihat, 65% orang membagikan isu hoax pada media sosial karena emosi dia sendiri loh, pendapat anda sih gimana ?
nah itu dia beberapa hal yang menurut saya patut kita lakukan dalam menanggapi sebuah informasi, berita, atau kabar yang beredar di sekitar kita, baik buruknya sebuah berita ya tinggal kita nya yang bijak dalam menanggapinya, cukup menjadi orang yang lebih mementingkan berpikir beberapa kali, dan tenang dalam menanggapi sebuah berita yang ada. toh kalau kita berbuat kebaikan kita juga akan mendapatkan kebaikan disuatu saat nanti, iya kan? kalau gak percaya tanya aja pak haji (Ucup -Adit Sopo jarwo).
mungkin itu saja yang bisa saya bagikan, kalau misal ada saran atau keritik monggo komen atau email, jangan sungkan memberikan keritik kepada saya. terima kasih 😊
0 Komentar untuk "Hantam Hoax Mulai dari diri Kita sendiri!"

Back To Top