Ada apa sih di bulan mei?

Bulan Mei adalah bulan ke 5 dari kalender masehi yang selalu kita lihat, namun tahukah kalian, apa saja yang terjadi pada bulan Mei?
disini kita akan membahas beberapa poin yang terjadi yang telah terjadi pada bulan mei dari masa ke masa, ada beberapa poin yang mungkin kalian anggap tidak asing karena sering kita lalui dan rayakan pada bulan mei ini, namun apa kalian tahu beberapa hal lain yang terjadi pada bulan mei ini? oke kalau begitu kita lanjutkan pada pembahasan dari setiap kejadian yang terjadi pada bulan mei ini.

  1. MAY DAY


  2. MAY DAY adalah salah satu kegiatan rutin yang akan selalu dilakukan pada awal bulan mei ini, lalu apa itu Mayday? May Day merupakan sebutan lain dari Hari Buruh Sedunia yang diperingati setiap tanggal 1 Mei. Peringatan Hari Buruh juga ditetapkan sebagai hari libur nasional.
    Peringatan ini dimulai tanggal 1 Mei 1918 oleh Serikat Buruh Kung Tang Hwee. Berawal dari tulisan Adolf Baars, seorang tokoh sosialis Belanda yang mengkritik harga sewa tanah milik kaum buruh terlalu murah untuk dijadikan perkebunan. Selain itu, Baars mengungkapkan bahwa kaum buruh bekerja keras tanpa upah yang layak.
    Setelah perayaan 1 Mei, buruh kereta api mengalami pemotongan gaji. Kemudian, mereka melakukan aksi mogok, namun diancam pemecatan apabila tidak segera kembali bekerja. Pada tahun 1926, peringatan Hari Buruh ditiadakan.Kemudian pada 1 Mei 1946, Kabinet Sjahrir memperbolehkan perayaan ini. Undang-undang Nomor 12 Tahun 1948 mengatur bahwa setiap 1 Mei, buruh boleh tidak bekerja. Undang-undang tersebut juga mengatur perlindungan anak dan hak perempuan sebagai pekerja
  3. HARDIKNAS

  4. Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) merupakan peringatan tahunan bangsa Indonesia yang jatuh setiap 2 Mei. Untuk turut meramaikannya, Anda bisa ikut berbagi ucapan Hari Pendidikan Nasional 2023 ke media sosial. Hari Pendidikan Nasional adalah hari nasional bukan hari libur yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia untuk mengenang jasa Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara. Ia merupakan tokoh penting bagi kemajuan pendidikan Indonesia sejak masa penjajahan.

    Ia dikenal karena berani menentang kebijakan pendidikan pemerintah kolonial Belanda yang kala itu hanya memperbolehkan anak-anak kelahiran Belanda dan orang kaya mengenyam pendidikan.

    Kritik itu lantas berbuah pengasingan dirinya ke Belanda. Usai kembali ke Indonesia, Ki Hajar Dewantara kemudian mendirikan lembaga pendidikan bernama Taman Siswa. Sosoknya pun terkenal dengan semboyan pendidikan: ing ngarso sung tuladha, ing madya mangun karso, tut wuri handayani.


nah itu dia hal yang terjadi di bulan mei ini? sebenarnya masih banyak juga sih, dari mulai launching pertama youtube, ada kebakaran besar di inggris dan lain lainya. silahkan komen di bawah kalau merasa masih kurang. terimakasih
0 Komentar untuk "Ada apa sih di bulan mei?"

Back To Top